Archive for April, 2009

raBu, 15 april’09

bismillaah..
assalamu’alaikum..

hari ini gag ada yang spesial.
rutinitas seperti biasa..
dateng ke kampus jam 7..ya..telat beberapa menit lah(biasa telat^^)

terus ngedengerin kuliah tentang..mm,,oia,,neoplasma paru..alhamdulillah dokter yang ngajar enak,, jadinya gag ngantuk..

lanjut. udah jam 8..kuliah neoplasma paru kelar.
bersiap-siap pindah ke aula buat ujian formatif 2..hah udah ujian aja..baru modal niat dan baca 1 materi dari 10 materi..huahua..benar2 pada tahap kepasrahan..
walaupun gag mempengaruhi nilai, setidaknya ujian formatif harusnya bisa menjadi ukuran kesiapan menghadapi ujian yang sesungguhnya..
tapi dengan tulus ikhlas aku mengaku bahwa “bener-benerrr belum siap” tanpa perlu dibuktikan lewat ujian formatif ini..

sudah terlena sama libur 4 hari kemaren sihh(libur kok disalahin..)

tik,,tok,,tik,,tok,,
mumet kepala ini menjawab 40 soal.
selesai. lanjut ke feedback jawabannya.
sudah jam 9.20 an.
ujian kelar.
hua,, ternyata aku memang belum siap (banyak yang salah jawabannya)

lanjut lagi.
ada kuliah jam 10.
tentang pemberantasan TB dari depkes RI.
dokter yang ngejelasin juga mantap..ibu2 muda yang lagi hamil tua..ck ck,, sempetnya beliau ngajar..semoga bayinya gag kenapa-napa ya..

setelah penjelasan beliau tentang kondisi TB di dunia, di india, di china, di indonesia, dan pemberantasan waktu tahun 1950. 1995. 2001..dan lain-lainnya yang lama itu,
ditambah sesi tanya jawab(dan aku masih setia menjadi penonton sajja..hehe)
akhirnya semua selesai jam 11.30-an..

lanjut lagi wara-wiri di kampus dalam rangka melaksanakan beberapa tugas. rapat ini itu..
dan selesaiii
akhirnya keluar dari gerbang kampus dengan hati lapang sekitar jam 6.

huaa..alhamdulillah..
hidup ini masih lancar.
masih bisa bernapas.
masih bisa melanjutkan hidup sampe tulisan ini dibuat.
masih bisa merasakan lapar(duhh,,lapperr..)

dan,,
sudah cukupkah aku bersyukur kepadaNya hari ini??

baiklah,,
sekian.
maaf kalo gag berarti.
lg merasa berhak buat nulis apa aja disini. penting ato ga penting yang penting nulis(kayak judul kuis di TV ya..)

oia,,
tadi dokternya bilang
TB itu..
tugas bersama.
tanggung jawab bersama.

hahaha..kok jadi gag nyambung ya..
oukehh,.
sudah dulu ya..
ayo bantu berantas TB!!(pesan sponsor..efek terlalu sering dapet kuliah tentang TB ni..)

wassalamu’alaikum..

Beban??

Bismillah..

Alhamdulillah masih bisa nulis lagi disini..^^

Ada yang bilang, kita hidup bukanlah untuk memenuhi ekspektasi orang lain.

Mmm, benar juga.

Intinya, kita tidak harus menjadi seperti yang orang lain inginkan, dan begitu juga, dunia pun tidak harus selalu menjadi seperti yang kita harapkan.

Wah, pasti senang sekali ya kalo kita bisa menjalani hidup seperti itu. Tenang, tidak terbebani, mengalir, dan ikhlas.

Tidak usah sibuk dan pusing memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kita, karena isi pikiran mereka pun sebenarnya dipenuhi kekhawatiran yang sama…

Menenangkan sekali ya kata-kata ini.

Tapi, mungkin sah-sah saja kalau kita merasa seperti itu. Toh, kita manusia. Makhluk sosial yang selalu berinteraksi sama orang lain. Segala gerak gerik, rasanya harus menyesuaikan dengan apa yang ada di pikiran orang banyak. Apa yang orang lain harapkan, rasanya harus kita penuhi.

Tapi, kalo hidup ini menjadi beban karena berpikiran seperti itu, bagaimana?

Bukankah berat sekali ya kalo harus menjalani hidup ini hanya semata-mata karena ingin memenuhi harapan orang lain?

Tapi memangnya salah total ya kalo kita hidup atas pengharapan orang lain?

Oke, ada yang harus kita luruskan. “Hidup semata-mata untuk memenuhi harapan orang lain” itu berbeda dengan “hidup dengan harapan untuk membahagiakan orang lain..”

Kalo hidup kita hanya berorientasi pada pemenuhan atas harapan orang lain, siapapun orang itu, kita akan merasa amat sangat bersalah saat gagal. Dan ini bisa menjadi rasa bersalah yang tidak sehat.

Pernah dengar gak tentang orang yang bahkan tidak bisa menjadi dirinya sendiri karena terlalu sibuk memikirkan apa yang akan orang lain nilai tentang dirinya? Padahal, ayolah, apalah arti sebuah penilaian.

Pandangan dan pendapat dari satu orang belum tentu benar. Yang terpenting adalah bagaimana kita memberikan pandangan dan penghargaan atas diri sendiri, bukan pemikiran orang lain.

Tapi,, ini penting ya!! Bukan berarti kita jadi tidak mau mendengar penilaian orang lain ,, tapi jangan sampai penilaian orang lain membuat kita merasa rendah dan tidak mau menghargai diri kita seperti adanya kita. Ingat, tidak semua perkataan orang harus didengarkan.

Nah, akan beda rasanya kalau kita hidup dengan harapan sendiri, cita-cita sendiri, tapi bertujuan untuk membahagiakan yang lain. Kegagalan, halangan, akan bisa dilewati karena ada motivasi yang sehat. Yang membuat kita termotivasi, tapi tidak terbebani.

Mm, kenapa aku jadi bingung sendiri ya??jadi bertanya-tanya…apakah selama ini aku sudah hidup atas motivasi yang sehat??

Okeh, begitulah kira-kira..jadi, kesimpulan dari cerita ini adalah..

Be yourself!! Khafilah menggonggong,, eh, salah^^ ..maaf..maksudku, anjing menggonggong khafilah tetap berlalu. Tapi mungkin ada benarnya kalau kita mau mendengar apa suara gonggongannya, bisa jadi itu gonggongan yang membangun kan??!!hoho.. dengarkan, lalu berlalu.

Jalani hidup atas ekspektasi yang wajar, jangan berlebihan.

Dengarkan pendapat orang lain, tapi jangan biarkan pemikiran mereka menjatuhkanmu..

Hidup ini cuma sekali kan??!!
Karena itu, berharaplah yang baik, berbuatlah yang baik, dengarkanlah apa yang baik, itu saja..

–semoga bermanfaat–

hari ini, esok, dan seterusnya..

hari ini adalah hari esok yang kucemaskan kemarin..
dan hari ini cerah sekali,
sehingga aku bertanya-tanya mengapa aku mencemaskan hari ini kemarin.
maka hari ini aku tidak akan mencemaskan hari esok..
lagipula, mungkin tidak akan ada hari esok,,
maka hari ini aku akan hidup seolah hari esok tak ada..
dan aku akan melupakan hari kemarin,,,

hari ini adalah hari esok yang kurencanakan kemarin,
dan hampir semua rencanaku untuk hari ini tidak berjalan seperti yang kukira kemarin..
maka hari ini aku akan melupakan hari esok dan aku akan merencanakan hari ini..
tetapi tidak terlalu habis-habisan
hari ini aku akan berhenti untuk menghidu sekuntum mawar
aku akan mengatakan kepada orang yang kucintai betapa aku mencintainya..
akau akan berhenti merencanakan hari esok dan berencana untuk menjadikan hari ini hari terbaik dalam hidupku..

hari ini adalah hari esok yang kutakutkan kemarin..
dan hari ini ternyata tidak ada yang harus kutakutkan..
maka hari ini akan kuenyahkan rasa takut akan hal-hal yang tak kuketahui..
aku akan merangkul hal-hal yang tak kuketahui itu sebagai pengalaman belajar..
hari ini, tidak seperti kemarin, aku tidak akan menakutkan hari esok

hari ini adalah hari esok yang kuimpikan kemarin,,
dan sebagian dari mimpi yang kumimpikan kemarin jadi kenyataan hari ini..
maka hari ini aku akan terus memimpikan esok
dan mungkin ada lebih banyak lagi mimpi yang kuimpikan hari ini yang akan jadi kenyataan besok.

hari ini adalah hari esok yang tujuannya kutetapkan kemarin,,
dan aku mencapai sebagian tujuan itu hari ini..
maka hari ini aku akan menetapkan tujuan yang sedikit lebih tinggi untuk hari ini dan esok,
dan jika esok ternyata seperti hari ini..
aku pasti akan bisa mencapai semua tujuanku suatu saat nanti!!

–dikutip dari satu tiket ke surga, oleh Zabrina a.bakar–

“sebenarnya sudah pernah nge post ini..
tapi pengen lagi aja..
biar makin banyak yang baca..
entah kenapa,, aku suka banget nih sama puisi ini..
buat yang belum baca bukunya, buruan beli ya!!! hehe..”

hmmph,, hari senin lagi..

bismillaah..
assalamu’alaikum semuaa..
halohaa…

weweww,,nulis lagi..

fyuuhh,,besok udah tanggal 13,, udah hari senin lagi,, udah harus masuk kuliah lagi, belajar lagi, ngerjain tugas lagi.. lagi..dan lagi..
rasanya masih malas,,
masih mau banyak tidurr,,
masih mau ngabisin novel, dvd,,
masih mau nyantai..

duh duh,,kapan mau produktifnya nih??!!

hoahemm, baru nulis segini aja udah ngantukk..gawatt..

baiklah!!!
ayo kalahkan nafsu!!
sipakan tekad, bulatkan niat..

semangaaaadddd!!!

— sedang bingung mau nulis apa tapi mau nulis,, hhee..maaf ya,,–

SetengaH-setengaH..???

Ibuku sering bilang, aku ini adalah tipikal orang yang setengah-setengah. Weiitss, bukan berarti bahwa aku ini setengah manusia setengah dewa..hehe..

Setengah-setengah yang kumaksud disini adalah dalam hal menjalani hidup. Dalam hal mengambil keputusan. Dalam hal mempertahankan tekad dan kemauan. Yah,, oke bu, kuakui, aku memang amat sering bersikap setengah-setengah.

Misalnya, saat masih anak-anak (aku sekarang sudah dewasa muda lo, karena menurut definisi WHO , anak itu cuma sampe usia genap 18 th..halah!!) aku pernah memutuskan untuk membuka perpustakaan di rumah yang isinya adalah kumpulan majalah, tabloid, dan juga koleksi komik aku dan kakakku. Rencana udah dibuat. Niat sudah ada. Ibu sudah setuju. Teman-teman kami sudah tahu..tapi,, karena seperti yang kubilang, aku ini setengah-setengah, karena itu rencana ini cuma bertahan beberapa hari saja..fyuuh,,

Pernah juga aku bertekad ingin mengasah kemampuan melukis. Bisa dibilang, keluargaku dari pihak Ayah emang punya darah seni lukis yang amat sangat tinggi. Ayah sudah amat sangat mendukung. Tapi, lagi-lagi,, hanya setengah(seperlima jalan bahkan, mungkin^^)
Begitu terus berulang-ulang.

Bu, aku mau ikut les tari. Ibu bilang iya.

Bu, aku daftar les komputer ya?? Ibu mengangguk.

Bu, aku pindah tempat aja deh les inggrisnya..temen2ku pada
pindah..ibu mengangguk lagi.

Hmm,,aku sekarang mau ngoleksi all about Mickey Mouse ahh..(tentu saja saat itu aku tidak bilang “all about” ya..hoho)

Aku mau koleksi DVD Tom&Jerry. Mau rajin membuat puisi. Mau rajin mengirim kuis ke majalah Bobo. Mau rajin ikut lomba mengarang. Mau ini mau itu banyaak..sekali..

Semuanya yang aku lakukan, hingga sekarang mungkin, sepertinya belum ada yang kulakukan secara total. Semuanya..lagi-lagi,,hanya keinginan sesaat. Hanya keputusan yang buru-buru. Contoh-contoh yang kukemukakan di atas itu, mungkin cuma contoh sepele, dan mungkin kau pikir, itu normal. Namanya juga anak-anak. Selalu cepat bosan. Kuakui, sedikit saja halangan saat itu bisa membuatku putar haluan.

Masalahnya adalah, bagaimana kalau aku tidak bisa berubah? Bagaimana kalau sifat setengah-setengah itu aku bawa sampai tua? Bagaimana kalau kuterapkan sifat jelek ini saat mengambil suatu keputusan besar? Bagaimana kalau sifat setengah-setengah ini merugikan orang lain?bagaimana kalau…..??

(tiba-tiba tercetus pikiran, ibu dan ayahku benar-benar sudah kubuat rugi..hiks hiks)

Sekarang kamu tahu kan, setengah-setengah yang kumaksud itu mungkin mirip dengan kurang teguh pendirian. Plin-plan. Anget-angetan doang. Cepat bosan. Tidak total.

Mempertahankan niat itu menurutku sangat susah. Apalagi kalau niat itu hanya berkaitan dengan diri sendiri,, tentu akan sangat mudah untuk memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri.

Padahal, menurutku, kita baru bisa berhasil dalam hidup jika kita total. All out. Teguh pada tekad. Tahan banting. Bagaimana aku bisa mengasah skill kalo selalu seperti itu?(jangan-jangan kegiatan nulis di blog ini juga akan setengah-setengah?? God..i hope not!!). Bagaimana aku bisa menjalani tanggung jawab sebagai makhluk Tuhan? Sebagai anak, adik, kakak, teman??

Mungkin ada yang akan berpikir, ketakutan ini berlebihan. Menurutku normal. 18 tahun hidup di dunia dengan hampir selalu bersikap setengah-setengah seperti itu sudah membuat aku cukup sadar dengan konsekuensinya. Hanya saja, yah, mungkin lain kali saja baru akan kuceritakan.

Ada yang bisa kasih komentar? Saran??

leT’s staRt..

bismillah,,

awalnya iseng,,walaupun udah kepikiran dari lama sih,, akhirnya jadi juga ini blog!!yippiee..

okehh,,karena ini postingan pertama,,kenalan dulu kali ya..

as u know, my name: ganda ilmana..sounds like a boy name??yeah,, but in fact,,i’m totally a girl!! 🙂

then why it is “lovelynine?” mm,,not an important reason actually, it just,,u know,,birthday..^^

then, who am i?

well, just an ordinary girl, i’m 18 now, i’m in college, i do what i want to do, i love many things, i love people, love to feel, love to hear, n love to see..everything!!

yey,,not really descibe me, isn’t it??hahah,,sorry.. i’m not a good story-maker..

activities??

studying medicine stuffs. doing tasks. meet friends. sharing. facebooking(god,,it’s so addictive). eating. sleeping.reading. walking. smiling. trying to be good to my God. to my fams. to people. n then,  being happy..

ok,,segitu dulu,,

masih mau mikir nih mau nulis apa lagi lain kali..hhee

see u!!

quotes for today:

life is a challenge. meet it.

life is a game. play it.

life is a song. sing it.

life is a dream. realize it.

life is a love. live it.

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!