Archive for July, 2010

hmm..

again and again..oh Ψ§Ω„Ω„Ω‡…

tarik nafas dalam..hmm..ok sudahlah. better to do something else. yg beginian mah ga bakalan selesai. yuk beralih ke tumpukan buku yg belum dibaca, atau mulai nyiapin diri baca2 buku kedokteran lagi, nambahin hapalan surat, belajar buat ujian arab besok..


yg begituan biarkan saja, cuma Allah yang berhak menilai…
yg penting never lost sight of what’s really important..

sabar yuk sabar ^___^

Ada Apa Dengan Hujan?

Akhir-akhir ini, jakarta doyan hujan. pagi siang sore malam, hujan menjadi biasa. saya sih suka..suka banget malah. hujan itu berkah. hujan itu kenikmatan. hadiah dari Allah. so, jangan ngeluh kalo dikasih hujan yaa πŸ˜‰

Tapi, bener sih, jemuran jadi susah keringnya..hehe alhasil jadi rada males nyuci hwehweee..ditumpuk-tumpuk sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit..hayaaaahhhh kalo udah numpuk begini baru deh berasa nyeselnya 😳 langsung deh ngebayangin kalo tumpukan cucian itu jadi tumpukan duit, enak kali yah πŸ˜›

Enaknya lagi, udara jadi dingin, sejuk, dan nyaman banget. Ngapa-ngapain jadi enak hehe πŸ™‚ walaupun aktivitas keluar sedikit terhambat karena mesti basah-basahan, tiada mengaaapaaa hehe

Pokoknya, saya suka hujan. saya suka pake payung. suka denger rintiknya. suka bau tanah sehabis hujan. suka dinginnya. suka memandangi bulir-bulir air yang jatuh di kaca. damai dan romantis gituu hehehe πŸ™„

cuma 2 yang bikin saya sedikit gimanaa gitu sama si hujan. pertama, kaos kaki yang basah, kotor, dan ga enak dipake kalo lagi jalan di tengah hujan. pengennya kalo lagi hujan jalannya pake sepatu boat aja kali yah. mau sih, tapi ntar dikira mau gali sumur *loh? apa hubungannya?? hehe!

dan yang kedua, tentu saja, jemuran yang abadi bertengger..bertumpuk tak rapi hingga batas waktu yang tidak ditentukan hahaha πŸ˜†

Daaan..tahukah kamu, ternyata dibalik semua keindahan tentang hujan ada beberapa fakta unik tentang hujan yang mungkin belum kita ketahui. Yuuuk kita jabarkan keunikan tersebut :

1. Rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 km/jam.

2. Air jatuh ke bumi dengan kecepatan yang rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan (bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit), bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan πŸ˜›

3. Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter.

4. Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm.

5. Awan hujan pun dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter.

6. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi.

7. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505×1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan β€œtakaran”.

8. Butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik. *wooowww πŸ˜€

9. Kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yg indah, tidak seperti air biasa yang di bekukan di freezer/kul_kas

10. Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yg khas, senyawa ini dinamakan ‘petrichor’. * hoooo ternyata namanya PETRICHOR.. kamu tau kan baunya kayak apa?? coba deh, sekali-kali kalo habis hujan, tengok rerumputan di luar, tarik napas dalam, and say “alhamdulillaah” πŸ˜€

11. Dan fakta paling misterius dan mengejutkan ilmuan. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan β€œDi dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu”. Dan pada titik ini, para ilmuan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi. *totally right!! πŸ™‚

“Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira” (Al Qur’an, 30:48)

Dibawah ini, banyak gambar2 tentang hujan..hasil menjelajah blog seorang pecinta hujan disini perhatiin deh, damai kan??? πŸ˜€

i love walking in the rain, cause no one knows i'm crying πŸ™‚

..if u want a rainbow, u gotta put up with the rain..


“maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira…”

*fakta ttg keunikan hujannya hasil kopas notes FB seorang kk kelas, jazaakAllahu khairan k!

klinik i’m coming…

jeng..jeng..jeng..

berlalulah hari ini. hari ini, hari terakhir kuliah di tingkat 3. hari terakhir kuliah di semester 6. masyaAllaah, rasanya baru kemarin jadi maba..sekarang udah mau tingkat 4…

nah, kalau sebelumnya, hari terakhir kuliah itu artinya ya libur, artinya bisa istirahat sejenak menanti modul berikutnya.

tapi, tidak kali ini.

hari terakhir kuliah yang ini SPESIAL.

loh, kenapa??

karena abis ini, ga akan lagi ada yang namanya kuliah bareng seangkatan. ga ada lagi yang namanya diskusi PBL bareng kelompok tercinta. ga ada lagi yang namanya pleno. ga ada lagi praktikum. ga ada lagi formatif, apalagi ujian sumatif. dan..ga ada lagi yang namanya KKD.

karena abis ini, yang akan menanti untuk dihadapi di depan adalah jadwal jaga malam, jadwal visit pasien, portofolio, preskas, mini-cex, dan ujian lainnya.

loh, kok bisaa??? \\^0^//

karenaaa..

saya akan menjadi seorang co-ass teman-teman..CO-ASS

artinya?

artinyaaa saya sudah selangkah lebih maju menuju masa depan hehe. kalo kemaren2 belajar nyuntik itu ke boneka, sekarang insyaAllah ke orang beneran. kalo kemaren itu anamnesis nya ke temen sendiri, insyaAllah ntar ke pasien asli. daaan..saya akan pake jas putiiiih ^___^v (sumpah noraak hehhee)

hmm..

di sela rasa senang dan exited yang saya rasakan, terselip sejuta kekhawatiran..dan segudang ketakutan..

apakah saya akan survive?

saya dengar, kehidupan klinik itu berat..banyak yang tidak menyenangkan..

saya dengar, jadi ko-as itu capek..sering dibentak..dimarahin..

hmm..
gimana ya kalo dosennya galak? gimana kalo teman-teman sekelompok tidak kompak? gimana ya kalo saya ga bisa ngapa2in? gimana yaa kaloo…

!!!! eittss..logika saya sudah menyetop berbagai pikiran buruk ini.

saya harus memenuhi hati dan pikiran dengan hal-hal yang baik. saya harus menikmati. saya harus enjoy gituu loohh πŸ™‚
toh, orang lain bisa survive..kenapa saya tidak?? πŸ˜€

yang penting sekarang adalah STRATEGI.
lalu menjalani sebaik2nya dan menikmati segala letihnya..
betul, kan??? ^____________^

baiklah..
semoga Allah selalu membimbing..memudahkan, dan menjaga..aamiin

ps: huaaa sedihnyaa ga bareng2 seangkatan lagi..pasti saya akan merindukan masa-masa kuliah seangkatan, tempat duduk favorit..saya bakal kangen niih dateng telat ke kuliah :p . kangen kelompok diskusi..kangen praktikum..kangen peleno..
surely i’ll miss those moments..:((

Pertanyaan Tentang Cinta

Apakah cinta
selalu menyediakan airmata?

Apakah cinta
selalu menyediakan harapan?

rindu yang berdenyut di nadi
rela dan maaf di sanubari,
uluran tangan tanpa pamrih
kurasa itu cinta

dan ketika kau memutuskan
untuk memeluk Tuhan
di sepanjang jalan berliku
kurasa itu paling cinta

(Abdurrahman Faiz, 2003)

Begitulah Senantiasa

Begitulah senantiasa.

Segala keputusasaan, segala kepasrahan, menyeruak dari persembunyian.

Entah dimana ia berdiam dulu

Awalnya mengintip malu-malu.

Lalu sekarang tegak berdiri dengan sombongnya.

Begitulah senantiasa.

Sudah lama saya mencoba bertahan..

Memaksakan diri, ber-sugesti bahwa esok akan selalu baru

Tapi pemikiran-pemikiran itu..berkelebat di kepala sepanjang waktu

Begitulah senantiasa.

Hari-hari ini, otak saya seperti terprogram untuk berpikir seandainya..seandainya..dan seandainya…

Saya sudah terlalu merindukan damai yang nyata

Dan hari-hari ini,

Keputusaasaan dan kepasrahan itu, menggeliat, menyeringai, lalu bersemayam semakin dalam..

Begitulah senantiasa.

jangan nyerah dulu yaa

diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud, ia pernah mendengar Nabi SAW bersabda. “Barangsiapa khawatir lupa akan al-Qur’an setelah ia menghafalnya; dan takut melupakan ilmu setelah ia mempelajarinya; maka hendaklah ia berdoa:”

ya Allah, terangilah penglihatanku dengan al-Qur’an; lapangkanlah dadaku dengannya; gerakkanlah fisik dan lisanku menurut apa yang diajarkan di dalamnya; kuatkanlah perisaiku dengannya; luaskanlah pemahamanku dengannya; serta dengan daya dan kekuatan-Mu. karena sesungguhnya tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan-Mu, wahai Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang..

teruntuk aku, kamu, dan kita semua..yang masih, akan, terus, dan sedang berjuang untuk menghapal kalimat-kalimat luar biasa dalam buku paling luar biasa ini, semoga Allah selalu memudahkan..

fastaqiim ^___^

quote hari ini: “tidaklah kebaikan akan didapat, kecuali dengan mengecap kesulitan..dan tidaklah tujuan akan tercapai, kecuali dengan melintasi jembatan keletihan..”

maaf..

begitulah. akhirnya (lagi..) sampai juga di akhirnya.

maaf yaa.

kadang, untuk menjaga keridhoan Allah, mempertahankan keteguhan, dan menjaga diri agar selalu dalam kebaikan itu susah..bahkan terkadang sampai harus menyakiti yang lain.

tapi, begitulah muslim seharusnya. tau bagaimana bersikap. ah, Allah, maafkan aku..

semoga tidak ada buruk sangka, sakit hati, dan rasa kecewa..

semoga senantiasa dijaga dan dilimpahkan kebaikan. ayo semangat, saudaraku ^__^v

ini bukan tentang siapa. tapi tentang sudah selayaknya kita lebih menjaga. dan saya tidak mau congkak. iman yang baru secuil ini, aduhai, sesulit apakah setan menggenggamnya?