masih tentang OSCE.

NEXT STOP.

POS 2: ILMU KEDOKTERAN KOMUNITAS bersama Bu Noni..

huaaaa pengen tereak kesenengan hehehee..soalnya bu Noni ini terkenal baikkkkkk bangeeetttt.. \\((^__^))//.. bagaimana kisah saya bersama bu Noni??? hehe cekidot.

bu N: ” ayo sini, namanya siapa?..bla blaaa..jadi ini pos konseling pasien dan penyuluhan. silakan kamu konseling pasien dulu ya..ini pasiennya (sambil menunjuk mbak-mbak yang ada disana juga).

ohoooo..alhamdulillaah..sepertinya ini akan menyenangkan hehe.

mulailah saya menyapa pasien, dan seterusnya..jadi ceritanya mbak ini mau psang KB dan bingung mau pake KB yang mana..ok, lumayanlah.

lanjut ke penyuluhan pake flipchart yang udah disediakan. temanya ada banyak dan boleh milih. saya milih untuk menyuluh masyarakat tentang TB Paru saja hehe. mulai saya mengoceh. modal pede doang wkwkwkw. lalu berakhir sudah. hehehe enak banget ini pos ^__^

feedback dari bu N: “ganda, kalo lg penyuluhan jangan sering bolak-balik flipchartnya..yang santai aja..ok..terus kalo lg konseling KB jangan lupa teorinya biar bisa jawab pertanyaan pasiennya ya..” –> jadi tadi pasien nanya kapan kontrol habis pasang dan saya lupa =__= *semoga lulus deh hehe🙂

selesai. bel bunyi. NEXT STOP. STASIUN APAKAH YANG MENUNGGU DI SEBELAH?? horor mode: on.

POS 3. TANDA VITAL DAN EKG.

jreeng jreeeng..di sini ada dokter Djauhari dan seorang mas OP. apa ya??

hmm..ternyata..mengukur tekanan darah!! ayeee!!!😀

daaan..membaca hasil EKG *huks, rada panik..hehe

mulailah saya mengukur tekanan darah mas ini. lumayanlah walaupun arteri brakialis nya agak susah ditemukan. untung stetoskopnya ok punya hehehe.

sempet ngintip kertasnya dokter Dj ini : nilai 19 dari 20!! asiiik..tapi eits, jangan tenang dulu..hehe

next, baca EKG. ok. mendadak saya hilang ingatan sebagian. entah karena sudah terlalu senang atau apa. pokoknya saya mendadak rada bingung sendiri..padahal sudah belajarr huhuuu😦

disini agak tersendat..selesai ngerjain dan dikoreksi langsung, ada yg miss di sana dan di sini, akhirnya nilainya pas-pasan..saya krang teliti sih tadi hehe..ya sudahlah, semoga lulus aja deh,,ga mau ngarep banyak hehe

masih sisa banyak waktu. suasana agak tegang. mana si mas senyum2 aja ngeliat saya agak ge tenang gitu..huuuhhh😦

saya akhirnya memberanikan diri ngajak dokternya ngobrol aja deh. lumayan mencairkan kebekuan suasana. ehh..baru nanya dikit si dokter malah langsung nyerocos bahkan berlanjut ke curhat hahaha..

bel bunyi lagi. keluar dari pos 3, dengan langkah sedikit gontai. harap-harap cemas..apa setelah ini???

THE LAST: POS 4. NEUROLOGI!!

anamnesis. pemeriksaan tanda rangsang meningeal, dan pemeriksaan refleks patella.

ok. pertama, anamnesis.

yang jadi orang yang dianamnesis adalah dokternya sendiri. wah, jujur saya agak kewalahan karena pasiennya aktif banget ngomongnya..jadi saya ikutan muter-muter huhu..tp syukurlah kelar juga..beda banget deh emang kalo yg jadi pasiennya dokter beneran hehe.

berikut cuplikannya.

  • saya: ” oh, jadi begitu ya pak, hmm..sebelumnya pernah sakit apa aja? atau waktu dulu pernah dirawat di rumah sakit??”
  • dokter: “oo..ga sih, dok. sehat2 aja..oia ding, dulu pas kecil pernah dirawat..”
  • saya: “karena apa tu pak??”
  • dokter: “dulu pas disunat..” –> saya hening sesaat –> dalam hati berharap memang ada sesuatu yang terjadi sampe dia mesti dirawat padahal cuma disunat –> hehe
  • saya: “kenapa sampe dirumah sakit pak? perdarahan apa gimana??”
  • dokter :”ga dok, waktu itu GERHANA MATAHARI. JADI SEMUA DUKUN TUTUP…AKHIRNYA SAYA KE RUMAH SAKIT..”
  • saya: toeeeeeeeeeeeeeeengggg…hahahahaha pengen ketawaaa hehe. oalaaahhh..kirain apaan..bahkan saya sempet berpikir jangan2 ini pasien psikiatri hahahhaa ngaco dehh.

kelar, dengan pertanyaan diagnosis yang masih menggantung “SAYA GA TAU INI PASIEN SAKIT APAAA”

huhuu..yasudahlah,

lanjut ke periksa rangsang meningeal dan patella. mengalir. selesai.

hmm..yg ini ga tau de gimana..berdoa aja hehe..agak kurang puas sih😦

OK. OSCE SAYA KELAAAR. BEBASS..

alhamdulillah, Allah begitu memudahkan..dokternya pada baik, hehe soalnya sempet denger ada temen2 yang diomelin sama pengujinya..kasiann..

oia, makasih juga buat teman2 yang udah mendoakan🙂🙂

OSCE ini membuat saya sedikit banyak terbayang seperti apa dunia saya kedepan. benar, saya harus banyak belajar. banyak sekali. dan insyaAllah, saya siap untuk itu.

semangat selalu, semoga.