Posts from the ‘my campus life!!’ Category

OSCE: Pos 2, 3 dan 4: IKK, Tanda Vital/EKG, dan Neurologi..END.

masih tentang OSCE.

NEXT STOP.

POS 2: ILMU KEDOKTERAN KOMUNITAS bersama Bu Noni..

huaaaa pengen tereak kesenengan hehehee..soalnya bu Noni ini terkenal baikkkkkk bangeeetttt.. \\((^__^))//.. bagaimana kisah saya bersama bu Noni??? hehe cekidot.

bu N: ” ayo sini, namanya siapa?..bla blaaa..jadi ini pos konseling pasien dan penyuluhan. silakan kamu konseling pasien dulu ya..ini pasiennya (sambil menunjuk mbak-mbak yang ada disana juga).

ohoooo..alhamdulillaah..sepertinya ini akan menyenangkan hehe.

mulailah saya menyapa pasien, dan seterusnya..jadi ceritanya mbak ini mau psang KB dan bingung mau pake KB yang mana..ok, lumayanlah.

lanjut ke penyuluhan pake flipchart yang udah disediakan. temanya ada banyak dan boleh milih. saya milih untuk menyuluh masyarakat tentang TB Paru saja hehe. mulai saya mengoceh. modal pede doang wkwkwkw. lalu berakhir sudah. hehehe enak banget ini pos ^__^

feedback dari bu N: “ganda, kalo lg penyuluhan jangan sering bolak-balik flipchartnya..yang santai aja..ok..terus kalo lg konseling KB jangan lupa teorinya biar bisa jawab pertanyaan pasiennya ya..” –> jadi tadi pasien nanya kapan kontrol habis pasang dan saya lupa =__= *semoga lulus deh hehe 🙂

selesai. bel bunyi. NEXT STOP. STASIUN APAKAH YANG MENUNGGU DI SEBELAH?? horor mode: on.

POS 3. TANDA VITAL DAN EKG.

jreeng jreeeng..di sini ada dokter Djauhari dan seorang mas OP. apa ya??

hmm..ternyata..mengukur tekanan darah!! ayeee!!! 😀

daaan..membaca hasil EKG *huks, rada panik..hehe

mulailah saya mengukur tekanan darah mas ini. lumayanlah walaupun arteri brakialis nya agak susah ditemukan. untung stetoskopnya ok punya hehehe.

sempet ngintip kertasnya dokter Dj ini : nilai 19 dari 20!! asiiik..tapi eits, jangan tenang dulu..hehe

next, baca EKG. ok. mendadak saya hilang ingatan sebagian. entah karena sudah terlalu senang atau apa. pokoknya saya mendadak rada bingung sendiri..padahal sudah belajarr huhuuu 😦

disini agak tersendat..selesai ngerjain dan dikoreksi langsung, ada yg miss di sana dan di sini, akhirnya nilainya pas-pasan..saya krang teliti sih tadi hehe..ya sudahlah, semoga lulus aja deh,,ga mau ngarep banyak hehe

masih sisa banyak waktu. suasana agak tegang. mana si mas senyum2 aja ngeliat saya agak ge tenang gitu..huuuhhh 😦

saya akhirnya memberanikan diri ngajak dokternya ngobrol aja deh. lumayan mencairkan kebekuan suasana. ehh..baru nanya dikit si dokter malah langsung nyerocos bahkan berlanjut ke curhat hahaha..

bel bunyi lagi. keluar dari pos 3, dengan langkah sedikit gontai. harap-harap cemas..apa setelah ini???

THE LAST: POS 4. NEUROLOGI!!

anamnesis. pemeriksaan tanda rangsang meningeal, dan pemeriksaan refleks patella.

ok. pertama, anamnesis.

yang jadi orang yang dianamnesis adalah dokternya sendiri. wah, jujur saya agak kewalahan karena pasiennya aktif banget ngomongnya..jadi saya ikutan muter-muter huhu..tp syukurlah kelar juga..beda banget deh emang kalo yg jadi pasiennya dokter beneran hehe.

berikut cuplikannya.

  • saya: ” oh, jadi begitu ya pak, hmm..sebelumnya pernah sakit apa aja? atau waktu dulu pernah dirawat di rumah sakit??”
  • dokter: “oo..ga sih, dok. sehat2 aja..oia ding, dulu pas kecil pernah dirawat..”
  • saya: “karena apa tu pak??”
  • dokter: “dulu pas disunat..” –> saya hening sesaat –> dalam hati berharap memang ada sesuatu yang terjadi sampe dia mesti dirawat padahal cuma disunat –> hehe
  • saya: “kenapa sampe dirumah sakit pak? perdarahan apa gimana??”
  • dokter :”ga dok, waktu itu GERHANA MATAHARI. JADI SEMUA DUKUN TUTUP…AKHIRNYA SAYA KE RUMAH SAKIT..”
  • saya: toeeeeeeeeeeeeeeengggg…hahahahaha pengen ketawaaa hehe. oalaaahhh..kirain apaan..bahkan saya sempet berpikir jangan2 ini pasien psikiatri hahahhaa ngaco dehh.

kelar, dengan pertanyaan diagnosis yang masih menggantung “SAYA GA TAU INI PASIEN SAKIT APAAA”

huhuu..yasudahlah,

lanjut ke periksa rangsang meningeal dan patella. mengalir. selesai.

hmm..yg ini ga tau de gimana..berdoa aja hehe..agak kurang puas sih 😦

OK. OSCE SAYA KELAAAR. BEBASS..

alhamdulillah, Allah begitu memudahkan..dokternya pada baik, hehe soalnya sempet denger ada temen2 yang diomelin sama pengujinya..kasiann..

oia, makasih juga buat teman2 yang udah mendoakan 🙂 🙂

OSCE ini membuat saya sedikit banyak terbayang seperti apa dunia saya kedepan. benar, saya harus banyak belajar. banyak sekali. dan insyaAllah, saya siap untuk itu.

semangat selalu, semoga.

OSCE: Pos 1. Muskuloskeletal.

hari ini, selasa 6 Juli 2010. jam 8.

ini adalah giliran saya menghadapi OSCE (Objective Structured Clinical Examination).

apa itu OSCE?? jadi ini sejenis ujian buat mahasiswa kedokteran gitu..kita bakal menghadapi kasus dengan seorang pasien ( pasiennya orang sehat dih hehe) dan mempraktikkan ilmu kita, jadi selayak dokter beneran..yang ga paham dan berniat banget paham silakan cari di gugel yaa XD

Nah, sesuai undian yang baru diundi pagi tadi juga, saya ternyata dapet pos/stasiun no 34. hmm..sejujurnya saya agak ga suka angkanya hehe..

persiapan menuju OSCE ini sebenarnya bisa dibilang rada melelahkan dan heboh..yah..saya si sebenarnya ga panik dan cukup biasa aja, tapi sempat terbawa suasana oleh teman-teman yang sebagian super-duper panik..hehe.

oia, sepertinya memang ambang batas deg-degan saya udah ketinggian deh, soalnya malam sebelum OSCE, pagi menjelang OSCE, sampe-sampe detik-detik menuju OSCE saya masih tenang dan adem ayem..hehe

tadi pagi, sambil menunggu ujian mulai, diluar tentunya semua kasak kusuk. mereview apa yang bisa direview. mengulang yang bisa diulang. saya sendiri cuma diem sambil mencuri dengar apapun yang terdengar hahaha.

OK. beberapa menit kemudian, dokter G bilang “ya ujian bakal dimulai. silakan masuk dan mencari pos masing2”

suasana mulai heboh lagi. saya celingak-celinguk mencari pos no 34. ohoo..itu dia.bismillah, saya sungguh sudah berserah. Kun fayakuun. apapun terjadilah, Allah sudah memutuskan.

JADI, BEGINI CERITANYA.

istami’na summa karrirna. hehe ga ding. istami’na saja 🙂 🙂 . eh bukaaan..maksud saya, iqro’na!! –> mau tau artinya? cari di kamus yaa hehe

  1. POS 1. MUSKULOSKELETAL.

seorang dokter dengan muka kebapakan nan teduh menyambut saya dengan senyum ramah. dalam hati saya berucap, alhamdulillah, sepertinya ini pertanda baik. di depannya duduk seorang mas-mas, saya yakin ini OP /orang percobaan yang mesti saya periksa.

dokter A : “iya sini mbak, namanya siapa? Nomor mahasiswa berapa? nah..jadi ini pos muskuloskeletal, jadi nanti kamu lakukan anamnesis pasien ini, dia nyeri bahu kanan karena terkilir pas maen bola kaki..ntar abis itu kamu PF ekstremitas atas ke dia ya..”

suaranya pelan dan enak banget didengar. saya ngangguk-ngangguk sambil berusaha setenang mungkin. “ok, dok”.

karena bel belum mulai, dokter yang sangat baik ini (sayang banget sampe akhir saya lupa nanya namanya 😦  ) ngejelasin lagi, apa yang perlu saya tanyain ke pasien ini nantinya, dan sebagainya..masyaAllah baik banget..terharu..huhu Allah, jagalah dokter ini..aamiin

bel bunyi. saya mulai mewawancara pasien ini. secara umum si saya lumayan puas sama kata-kata yang keluar dari mulut saya hehe. tapi mas-mas ini agak kurang bisa berkomunikasi, jadi rada ribet juga..

berikut cuplikan kisah pos 1.

babak pertama.

  • saya : “ada apa ni mas Ami kesini?”
  • mas  : “ini dok, bahu saya nyeri”
  • saya : “oh, bahunya nyeri ya..sebelah mana? kanan apa kiri?”
  • mas  : “kiri..”
  • dokter baik memotong : “bukan..kanan…”
  • mas  : “oia..kanan” *dengan muka datar.

babak kedua.

  • saya :”mas, anak keberapa di keluarga??”
  • mas: “limatiga..”
  • saya: “hah?? maaf berapa mas??”
  • mas: sambil ragu-ragu cuma bilang “hmm..”
  • dokter baik meralat lagi: “anak kedua dari tiga saudara..

toeeeng!! saya sedikit kaget. ini mas kayaknya rada-rada hehe..(maaf ya mas..tapi tadi mas udah baik banget kok..hehehe makasih yaa..)

lalu anamnesis berlanjut ke PF. yah mengalirlah PF di bahu, siku, dan tangan plus jari mas ni.

selesai..HUAAA SENAAANG XD

berhubung masih ada waktu..saya sempet ditanya2 sama dokternya…

  • dokter baik: “kamu ada yg mau ditambah ga? atau ada yang mau ditanya gak? masih ada waktu ni..”
  • saya: “hmm..apa ya dok, hmm..pendapat dokter aja tadi saya gimana ya dok?”
  • dokter :bagus kok, ngadepin pasien gini emang tergantung pengalaman dan jam terbang..tapi untuk calon koas kamu udah bagus kok..” @__@
  • saya: “makasi dok..” (pengennya sih jingkrak2 tapi malu ntar dikira sakit jiwa  hehe..alhamdulillaah..)

obrolan berlanjut. beliau sempet ngasih nasihat, berbagi pengalaman ngadepin pasien..bahkan ngejelasin berbagai ilmu yang saya belum tahu..ya Allah, baik banget beliau 🙂

bel berbunyi. saatnya pindah ke pos sebelah.

TERIMAKASIH BANYAK UNTUK DOKTER POS NO 34.

NEXT STOP. DI POSTINGAN BERIKUTNYA YAAAK ^____^v


bakteri oh bakteriiiiiii..

bismillaah..

hari ini,
ujian lagi..
aku ujian pewarnaan bakteri..
namanya pewarnaan Ziehl Nielsen,

jd,
kita harus ngewarnain dahak penderita si infeksi yg udah disiapin pake berbagai macam zat, ntar diliat di bawah mikroskop..

nah,
sebenarnya caranya simple.
udah pernah latihan juga sebelumnya.
harusnya, kalo ngerjainnya sesuai prosedur, insyaAllah si bakteri bakal nongol dengan indahnya^^

ujian dimulai jam 8-an.
ternyata kelompokku dapet puteran ke dua
sekitar jam 9.

begitu dpt giliran, mulai dag dig dud, mulai tremor nih tangan..

bismillah,
pelan-pelan aku mengerjakan.

yah, tp rada panik juga sih, takut g ketemu.

akhirnya, selesai pewarnaan, sekarang tinggal meriksa di mikroskop.

alamakk!!kucari-cari tak ketemu juga, geser sini, perkecil, perbesar, geser..duh kok yg terlihat cuma sampah-sampah ungu merah biru ya??
gawat-gawat!!
cilakaaaa…

mulai panik.
pengawas ngingetin, waktunya tinggal 5 menit lagiii…
duh duhhh gimana nih?

huhhh.
cari lagi.
geser-geser lagi.

sepertinya mulai ada titik terang.
akhirnya nemu walau ragu ntu bener si bakteri apa bukan..dikiiit bgt..

lapor ke dokter pengawas. si dokter mengiyakan walaupun kayaknya kurang puas dan kurang ikhlas,,huhuuuu

selesai.
cuma mau cerita itu,
alhasil,
pulang dgn hati lega tapi was-was..

hiks,,
hiks,,

perjuangan belum berakhir!!

tinggal hari jum’at, ujian sumatif!!
doakan aku yaaa…

duduuu semuanya,,

huhuuuuuuuuuuuuuuuuu

—puaslegawaswas—

mapres kelar!!asiikk..

hari ini, sabtu 18 april 09..
final pemilihan mahasiswa berprestasi fkui 09..
akhirnya,, final kelaar..

jangan salah paham dulu ya,,
aku cuma panitia,,haha bukan salah satu finalisnya..hewheww
karena g memenuhi satu kriteria pun,,hehe
secara emang aku angkatan 07..

jadi, peserta mapres tahun ini adalah dari angkatan 06 dan 05..
dan dari berbagai babak dan penyisihan dan penilaian dan persaingan..

yg masuk ke babak final itu:

k citra estetika 06, karyatulisnya tentang terapi buat katarak senilis(pada orang tua) pake n-asetylcarnosine..berat ya,,apa itu n-asetylcarnosine?ayo tanyakan pada galileo..hoho

terus ada k laurentya olga 06. karya tulisnya tentang tempe sebagai terapi anemia..wah wah,,banyak bgt nih tadi yg nanya..jadinya kita harus banyak makan tempeee,,love u indonesia..hehe

terus, ada k nuril 06. karya tulisnya tentang peran dokter keluarga buat ningkatin kesehatan indonesia.kapan ya bisa terwujud di indonesia?? berharap secepatnya..amiin

teruss, k yohanes.nah, ini menarik dan di luar perkiraan. karya tulisnya ttg model pemberdayaan kantin sekolah..wah, kalo kantin di sekolah2 di indonesia sehat, sesuai kompetensi, dan berkualitas, pasti anak2nya pada pinter dan sehat, pada bisa produktif,dan bisa ningkatin daya saing bangsa ya..haha sok nasionalis bgt sih aku,,tapi ini beneran lo, g akan ada yg keracunan,diare, muntah2 karena makan jajanan g sehat..ya tak?? ya kan, ya dong..^^

terus, yg terakhir, ada k wahyu 05.
sebenernya tahun lalu k wahyu udah ikut, dan udah jadi juara 2, ternyata tahun ini beliau ikut lagi, waah salut banget ni ama kegigihannya..
nah, karya tulis k wahyu adalah ttg cacing tanah buat ngobatin stroke akibat trombosis..apa itu trombosis?? yah, tanyakan pada paman google sajja ya..haha

dari berbagai indikator penilaian, IPK, CV, Bahasa inggris, dan karya tulis..juaranya adalah:

1. k wahyu 05
2. k olga 06.
3. k yohanes 06.
4. k citra 06
5. k nuril 06.

selamat ya kakak-kakak..
buat k wahyu yg akan mewakili FKUI di ajang tingkat universitas, semoga berhasil,,amiin bila perlu kk juara 1 biar ngewakilin UI di tingkat nasional..amiin

buat temen2 o7 ato kk 06, tahun depan pada ikutan yaa..hehehh

fyuuh,
lega banget ini acara selesai.
akhirnya,bisa konsen ke kerjaan lain,
huhh,,masih ada DCU(dOCTORS CAREER UPDATE) dibulan Mei..moga cepet kelar dan sukses..

masih ada juga yg laen-laen,,
masih ada juga urusan riset yg tak kunjung kelar..

dan,,
yg terdekat..
parade ujian!! uhuk-uhuuk…

wish me luck..
mudahkanlah ya Allah,, amiin

udah ah,, capeek
mau belajar,,tapi maless
halah-halah…

–sedangtaktaumerasakanapa–

Ujian oh Ujian..

bismillaah..
asik, nulis lagi..

hari ini,, kamis 16 april..
besok, jum’at 17 april(ya iyyyalaah..)

minggu2 ini bakal jadi minggu yang lumayan sibuk buatku..dengan jadwal yang udah melayang2 di otak sejak minggu lalu..apalagi yg namanya ujian!!

jum’at. pleno pemicu terakhir. ujian KKD pemeriksaan fisik paru. sedikit urusan organisasi. ketemu pembimbing riset.

sabtu. final pemilihan mahasiswa berprestasi FKUI 09..fyuuh..semoga acara ini lancar..amiin

minggu..belajaaaaarrr
senin. ujian praktikum anatomi.
selasa. ujian praktikum histologi, patologi anatomi, patologi klinik, daaan mikrobiologi..!!(gawaaaat daruraaat..tega banget sih si doseeen..)
rabu. ujian praktikum Basil Tahan Asam.
kamis. free..^^
jum’at. ujian sumatif 2. 10 materi kuliah:(

wowwwooowww..
butuh usaha ekstra.
butuh kesabaran ekstra.
butuh doa ekstra(doain yaa..)

dan bener-bener butuh semangat ekstra nii..

okeh,,

no pain no gain, right??

semanggi= semangat tinggi!!

—mulai stres binti panik—

raBu, 15 april’09

bismillaah..
assalamu’alaikum..

hari ini gag ada yang spesial.
rutinitas seperti biasa..
dateng ke kampus jam 7..ya..telat beberapa menit lah(biasa telat^^)

terus ngedengerin kuliah tentang..mm,,oia,,neoplasma paru..alhamdulillah dokter yang ngajar enak,, jadinya gag ngantuk..

lanjut. udah jam 8..kuliah neoplasma paru kelar.
bersiap-siap pindah ke aula buat ujian formatif 2..hah udah ujian aja..baru modal niat dan baca 1 materi dari 10 materi..huahua..benar2 pada tahap kepasrahan..
walaupun gag mempengaruhi nilai, setidaknya ujian formatif harusnya bisa menjadi ukuran kesiapan menghadapi ujian yang sesungguhnya..
tapi dengan tulus ikhlas aku mengaku bahwa “bener-benerrr belum siap” tanpa perlu dibuktikan lewat ujian formatif ini..

sudah terlena sama libur 4 hari kemaren sihh(libur kok disalahin..)

tik,,tok,,tik,,tok,,
mumet kepala ini menjawab 40 soal.
selesai. lanjut ke feedback jawabannya.
sudah jam 9.20 an.
ujian kelar.
hua,, ternyata aku memang belum siap (banyak yang salah jawabannya)

lanjut lagi.
ada kuliah jam 10.
tentang pemberantasan TB dari depkes RI.
dokter yang ngejelasin juga mantap..ibu2 muda yang lagi hamil tua..ck ck,, sempetnya beliau ngajar..semoga bayinya gag kenapa-napa ya..

setelah penjelasan beliau tentang kondisi TB di dunia, di india, di china, di indonesia, dan pemberantasan waktu tahun 1950. 1995. 2001..dan lain-lainnya yang lama itu,
ditambah sesi tanya jawab(dan aku masih setia menjadi penonton sajja..hehe)
akhirnya semua selesai jam 11.30-an..

lanjut lagi wara-wiri di kampus dalam rangka melaksanakan beberapa tugas. rapat ini itu..
dan selesaiii
akhirnya keluar dari gerbang kampus dengan hati lapang sekitar jam 6.

huaa..alhamdulillah..
hidup ini masih lancar.
masih bisa bernapas.
masih bisa melanjutkan hidup sampe tulisan ini dibuat.
masih bisa merasakan lapar(duhh,,lapperr..)

dan,,
sudah cukupkah aku bersyukur kepadaNya hari ini??

baiklah,,
sekian.
maaf kalo gag berarti.
lg merasa berhak buat nulis apa aja disini. penting ato ga penting yang penting nulis(kayak judul kuis di TV ya..)

oia,,
tadi dokternya bilang
TB itu..
tugas bersama.
tanggung jawab bersama.

hahaha..kok jadi gag nyambung ya..
oukehh,.
sudah dulu ya..
ayo bantu berantas TB!!(pesan sponsor..efek terlalu sering dapet kuliah tentang TB ni..)

wassalamu’alaikum..